Beranda Umum Menanti Awal Ramadhan Tahun Ini

Menanti Awal Ramadhan Tahun Ini

Merujuk kalender Hijriyah 1445, 1 Ramadhan akan tiba dalam beberapa hari lagi

0
784
istimewa

CARAPANDANG - Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Selama satu bulan penuh, Allah SWT memerintahkan hambanya untuk menjalankan ibadah puasa, selain ibadah wajib lainnya. 

Merujuk kalender Hijriyah 1445, 1 Ramadhan akan tiba dalam beberapa hari lagi. Kapan tepatnya?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, perlu dipahami bahwa ada perbedaan metode penentuan awal Ramadhan antara dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni PP Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama NU). Adapun Kementerian Agama atau Pemerintah mengikuti versi NU. Berikut penjelasannya.

1 Ramadhan 2024 versi Muhammadiyah

Tanggal 1 Ramadan 1445 H menurut Muhammadiyah bertepatan pada 11 Maret 2024. Ini berarti shalat tarawih pertama akan dilaksanakan pada 10 Maret 2024.

Penetapan itu tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti. PP Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal untuk menetapkan permulaan bulan Hijriah.

1 Ramadhan 2024 Versi NU dan Pemerintah

Sementara itu, tanggal 1 Ramadhan 1445 H versi Nahdlatul Ulama (NU) dan Pemerintah baru akan ditetapkan melalui sidang isbat yang digelar akhir Syaban nanti.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here