Beranda Edukasi Menko PMK Sebut Ada Dua Urusan Yang Sedang Ditangani Terkait Ponpes Al Zaytun

Menko PMK Sebut Ada Dua Urusan Yang Sedang Ditangani Terkait Ponpes Al Zaytun

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan berkoordinasi dengan kementerian terkait polemik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun.

0
3,161
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan berkoordinasi dengan kementerian terkait polemik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun.

CARAPANDANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan berkoordinasi dengan kementerian terkait polemik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun.

Menurutnya, ada dua urusan yang tengah ditangani oleh Pemerintah sesuai amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin yaitu dari sisi hukum dan keberlanjutan pendidikan.

“Ada dua urusan ya yang akan kita tangani, pertama sisi hukum. Sisi hukum bapak Wapres sudah menyintruksikan kepada bapak Menkopolhukam Mahfud MD dan juga Menag Yaqut Cholil untuk melakukan penyelidikan dan juga memperhatikan laporan dari masyarakat kalau tidak salah sudah ditindaklanjuti Polri,” tuturnya usai menunaikan salat Idul Adha di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta, pada Rabu (28/6/2023).

Kedua, dari sisi pendidikan yang menjadi tantangan, sebab menurutnya bahwa pondok pesantren yang dipimpin oleh Panji Gumilang bukan lagi merupakan lembaga edukasi tetapi sudah menjadi komune.

Bahkan, dia menilai bahwa Al Zaytun telah mengedepankan sistem yang mirip Negara dengan hierarki dengan regulasi yang mengedepankan kepatuhan kepada pimpinan.

Sehingga, dikhawatirkan ponpes itu mencontohkan sikap seperti di beberapa Negara yang memiliki penyimpangan ekstrem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here