Beranda Pemprov Sumbar Menteri Pertanian Puji Produksi Holtikultura Sumbar, Dalam 2 Tahun Berhasil Saingi Jawa

Menteri Pertanian Puji Produksi Holtikultura Sumbar, Dalam 2 Tahun Berhasil Saingi Jawa

Mentan RI bersama Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Bupati Solok, Epyardi Asda meninjau kawasan sentra pengembangan bawang merah nasional di Kabupaten Solok, sekaligus melakukan panen bawang bersama di Nagari/Desa Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Rabu (14/6/2023).

0
1,299
Mentan RI bersama Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Bupati Solok, Epyardi Asda meninjau kawasan sentra pengembangan bawang merah nasional di Kabupaten Solok, sekaligus melakukan panen bawang bersama di Nagari/Desa Sungai Nanam, Kecamatan L

Laporan: Linda Sari

SUMBAR, CARAPANDANG.COM - Di tengah semaraknya ajang Pekan Nasional (PENAS) Petani dan Nelayan XVI tahun 2023 di Kota Padang, Prov. Sumatera Barat (Sumbar), Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo puji perkembangan pertanian holtikultura di Sumbar, dalam 2 tahun berhasil saingi jumlah produksi Petani Pulau Jawa.

"Saya kagum dengan langkah agresif Pak Gubernur dan Bupati dalam mendorong petani mengoptimalisasi lahan. Langkah itu begitu cepat, dalam 2 tahun Sumbar bisa mengimbangi jumlah produksi petani di Jawa," ungkap Mentan RI.

Ia menyebut, hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian untuk membangun dan memperkuat sentra baru di luar Pulau Jawa guna memenuhi kebutuhan nasional.

"Oleh karena itu, saya bersama Pak Gubernur dan Bupati hadirkan konsepsi integrated farming. Jadi macam-macam jenis komodoti pertanian kita dorong ada dalam satu kawasan konsepsi yang tertata. Ini sangat dibutuhkan, tidak hanya Sumatera Barat, tapi juga untuk negara dalam rangka menghadapi climate change, El Nino," tegas Syahrul Yasin Limpo.

Hal tersebut disampaikan Mentan RI saat Ia bersama Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Bupati Solok, Epyardi Asda meninjau kawasan sentra pengembangan bawang merah nasional di Kabupaten Solok, sekaligus melakukan panen bawang bersama di Nagari/Desa Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Rabu (14/6/2023).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait