Beranda Politik Menuju Waktu Debat Cawapres Pemilu 2024 Malam Ini

Menuju Waktu Debat Cawapres Pemilu 2024 Malam Ini

para kandidat perlu menjelaskan isu-isu strategis apa saja yang menjadi prioritas bagi mereka terkait lingkungan hidup, energi dan sumber daya alam

0
1,074
istimewa

CARAPANDANG - Direktur Eksekutif Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), Raynaldo Sembiring, mengatakan bahwa para kandidat perlu menjelaskan isu-isu strategis apa saja yang menjadi prioritas bagi mereka terkait lingkungan hidup, energi dan sumber daya alam.

“Jadi bukan hanya lip service dan bukan cuma jargon dan hanya berfungsi atau menghadang atau membuat kandidat lain tidak bisa menjawab,“ ungkap Raynaldo kepada BBC News Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa debat cawapres kedua menjadi krusial karena tema-tema yang dibawa merupakan isu yang membawa dampak lintas generasi dan akan membantu para pemilih muda menentukan pilihan.

“Itu jadi perhatian untuk pemilih-pemilih pemula. Jadi mereka harus mampu menarasikan isu-isu strategisnya yang menjadi prioritas dan bagaimana menjalankannya itu,” kata Raynaldo.

Debat keempat Pilpres 2024 sekaligus debat kedua cawapres akan mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Dalam debat ini, cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan menjelaskan visi dan misinya, serta menjawab pertanyaan panelis dan sesama mereka sendiri.

Sama seperti pada debat cawapres sebelumnya, para capres dari masing-masing paslon akan hadir, tetapi porsi bicara hanya untuk cawapres.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here