Beranda Kesehatan Minum Terlalu Banyak Air Ternyata Bisa Berbahaya Bagi Tubuh

Minum Terlalu Banyak Air Ternyata Bisa Berbahaya Bagi Tubuh

Air sangat penting untuk memainkan peran penting dalam menjaga fungsi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, namun, meminum terlalu banyak air dalam waktu singkat pada saat tubuh merasa dehidrasi ternyata juga bisa berbahaya bagi tubuh bahkan menyebabkan kematian.

0
2,390
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG - Air sangat penting untuk memainkan peran penting dalam menjaga fungsi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, namun, meminum terlalu banyak air dalam waktu singkat pada saat tubuh merasa dehidrasi ternyata juga bisa berbahaya bagi tubuh bahkan menyebabkan kematian.

Disiarkan laman Hindustan Times, Minggu (6/8), Konsultan Penyakit Dalam Rumah Sakit Fortis Escorts Faridabad dr. Anurag Aggarwal, mengatakan keracunan air dan dehidrasi adalah kondisi yang timbul dari ketidakseimbangan tingkat cairan, dan memahami efeknya adalah penting untuk menjaga kesehatan.

Keracunan air, juga dikenal sebagai overhidrasi, terjadi ketika seseorang mengonsumsi air dalam jumlah berlebihan, menyebabkan pengenceran elektrolit esensial dalam aliran darah.

Ketidakseimbangan akibat minum terlalu banyak air mengganggu keseimbangan halus yang mengakibatkan berbagai efek buruk.

Gejala ringan overhidrasi termasuk sakit kepala, mual, dan kebingungan, yang dapat menjadi lebih parah seperti muntah, kejang, dan bahkan koma dalam kasus yang ekstrim.

Aggarwal melanjutkan bahwa ketidakseimbangan elektrolit kritis yang terjadi dengan cepat akan mengancam jiwa. Ketika kadar elektrolit menjadi sangat rendah, hal itu dapat menyebabkan kegagalan organ dan pembengkakan otak, yang mengakibatkan koma dan, akhirnya, kematian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here