Beranda Umum Museum Pusat TNI Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe dengan Teknologi AI

Museum Pusat TNI Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe dengan Teknologi AI

Warga Surabaya khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya, kini dapat menjelajahi kejayaan maritim bangsa Indonesia pada masa lampau

0
977
istimewa

CARAPANDANG - Warga Surabaya khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya, kini dapat menjelajahi kejayaan maritim bangsa Indonesia pada masa lampau. Selain itu juga bisa belajar memahami peran penting TNI-AL dalam menjaga wilayah perairan Negara Kedaulatan Republik Indonesia.

Semua itu ada di Museum Pusat TNI Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe yang resmi dibuka untuk umum pada 20 Januari 2024. Mulai dibangun pada 2022, museum itu diresmikan pada 11 September 2023.

Di museum itu, pengunjung dapat menikmati koleksi konten-konten kesejarahan Angkatan Laut (AL) secara lebih interaktif. Mulai dari alat utama sistem persenjataan (alutsista), tradisi khas, pahlawan, dan sejarah perjalanan TNI-AL. 

Seakan membantah stigma bahwa kesan museum adalah ‘kuno’, Museum Pusat TNI-AL yang berada di Kompleks Akademi TNI-Angkatan Laut (AAL) Bumimoro Krembangan, Surabaya, itu memperkenalkan konsep museum pintar yang mengadopsi teknologi 4.0. Pengunjung museum akan disajikan informasi secara interaktif untuk dapat menciptakan pengalaman eksplorasi yang modern dan futuristik.

Pengelolaan museum ini sudah mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI) sehingga pengelolaan museum dapat dilakukan dari jarak jauh dengan sistem remote. Hal itu mempermudah pengelolaan dan pemeliharaan koleksi museum, tanpa harus hadir secara fisik di lokasi.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here