Beranda Politik Pakar: Pentingnya Air dan Lingkungan Bersih untuk Kesehatan Masyarakat

Pakar: Pentingnya Air dan Lingkungan Bersih untuk Kesehatan Masyarakat

mengingatkan para calon presiden (Capres) peserta Pemilu 2024, untuk tidak melupakan akan pentingnya program penyediaan air dan lingkungan bersih guna menjamin kesehatan masyarakat

0
1,751
istimewa

CARAPANDANG -  Pakar Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Jakarta Hermawan Saputra mengingatkan para calon presiden (Capres) peserta Pemilu 2024, untuk tidak melupakan akan pentingnya program penyediaan air dan lingkungan bersih guna menjamin kesehatan masyarakat.

“Penting sekali, karena hulunya ya di situ. Air dan lingkungan bersih adalah isu strategis dan mendesak yang mesti diselesaikan demi mewujudkan peningkatan derajat kesehatan saat ini,” kata Hermawan di Jakarta, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan menanggapi program kerja terkait upaya menciptakan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang dipaparkan oleh ketiga Capres dalam debat kelima Pilpres, Minggu (4/2) malam.

Hermawan menilai program-program yang dipaparkan Capres, seperti membangun lebih banyak rumah sakit dan Puskesmas, mendirikan 300 Fakultas Kedokteran baru untuk mencetak tenaga kesehatan unggul, tidaklah salah.

Namun, menurutnya, program menciptakan kesehatan masyarakat yang digagas para Capres akan lebih realistis dengan kondisi lapangan jika difokuskan pada penyediaan air bersih dan menciptakan lingkungan lestari, sebagaimana diatur dalam Pasal 28 H Ayat (1) Undang-undang Dasar 1945.

Diketahui ketersediaan air bersih penting dan berdampak luas pada kesehatan masyarakat, contohnya masalah penyakit seperti dia​​​​​​re yang harus diselesaikan, karena hingga Desember 2023, telah menyebabkan 10 ribu balita meninggal dunia.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here