Beranda Internasional Para Pemimpin Asia Perketat Perlindungan Atasi Pasar Keuangan

Para Pemimpin Asia Perketat Perlindungan Atasi Pasar Keuangan

Kegagalan dua bank AS baru-baru ini membuat para pembuat kebijakan khawatir tentang kerentanan dalam sistem perbankan global

0
1,795

CARAPANDANG - Para pemimpin keuangan Asia pada Selasa akan mencari cara untuk memperketat perlindungan buat mengatasi kebutuhan pendanaan darurat selama pandemi dan bencana alam, ketika kekhawatiran resesi global dan pasar keuangan yang bergejolak mempersuram prospek ekonomi. Dampak kenaikan suku bunga AS terhadap arus modal kawasan juga dapat didiskusikan ketika para menteri keuangan dan kepala bank sentral ASEAN+3 - yang mengelompokkan 10 anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang, China dan Korea Selatan - bertemu pada Selasa.

Jepang, yang ikut memimpin pertemuan tahun ini dengan Indonesia, berharap untuk membahas penguatan jalur pertukaran mata uang, Menteri Keuangan Shunichi Suzuki mengatakan kepada wartawan pada Jumat (28/4/2023). Jepang tertarik untuk mengusulkan fasilitas yang meningkatkan penggunaan jalur pertukaran mata uang yang ada, dan memungkinkan anggota untuk memanfaatkan dana dalam keadaan darurat, kata tiga sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut.

Kegagalan dua bank AS baru-baru ini membuat para pembuat kebijakan khawatir tentang kerentanan dalam sistem perbankan global dan kemungkinan gejolak pasar sebagai akibat dari kenaikan suku bunga AS yang agresif. Dalam pertemuan dengan mitranya dari China dan Jepang sebelum pertemuan ASEAN+3, Menteri Keuangan Korea Selatan Choo Kyung-ho mengatakan kerja sama menjadi lebih penting bagi Asia dan seluruh dunia karena ekonomi global berada di "titik perubahan".

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here