Beranda Internasional PBB: Pasokan Kemanusiaan yang Masuk ke Gaza Sangat Terbatas

PBB: Pasokan Kemanusiaan yang Masuk ke Gaza Sangat Terbatas

 Dua puluh truk yang membawa bantuan kemanusiaan memasuki Gaza dari Mesir pada Senin (23/10), tetapi jumlah itu masih jauh dari mencukupi, kata para aktivis kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin.

0
1,496

CARAPANDANG - Dua puluh truk yang membawa bantuan kemanusiaan memasuki Gaza dari Mesir pada Senin (23/10), tetapi jumlah itu masih jauh dari mencukupi, kata para aktivis kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin.

Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs/OCHA) PBB mengatakan 20 truk telah melintasi titik perbatasan Rafah menuju Gaza pada Senin. Separuh dari rombongan truk tersebut membawa bantuan dari PBB berupa air, makanan, dan obat-obatan.

Pada Sabtu (21/10) dan Minggu (22/10), sebanyak 34 truk berhasil masuk ke Gaza dengan membawa pasokan bantuan penyelamat nyawa. Jumlah ini setara dengan tak lebih dari 4 persen dari rata-rata volume harian komoditas yang masuk ke Gaza sebelum krisis baru-baru ini, kata OCHA.

Sebuah konvoi 20 truk bantuan memasuki Gaza melalui Rafah pada Sabtu, yang pertama dalam dua pekan terakhir sejak eskalasi ketegangan antara Israel dan Palestina.

Kiriman bantuan yang masuk ke Gaza belum termasuk bahan bakar. Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East/UNRWA), yang sejauh ini merupakan penyedia bantuan kemanusiaan terbesar di Gaza, akan kehabisan cadangan bahan bakarnya dalam dua hari ke depan, kata OCHA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here