Beranda Umum Peluang dan Tantangan Kerja Proyek Pembangunan IKN Nusantara

Peluang dan Tantangan Kerja Proyek Pembangunan IKN Nusantara

Serapan tenaga kerja dalam pembangunan infrastruktur Kota Nusantara semakin bertambah

0
1,386
Istimewa

CARAPANDANG - Pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur terus dipacu. Hingga September 2023, perkembangan pembangunan IKN sudah menembus 40 persen.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, perkembangan pembangunan IKN yang sudah mencapai 40 persen tersebut mencakup infrastruktur dasar, kantor pemerintahan, serta fasilitas umum dan fasilitas sosial, yang menggunakan alokasi APBN.

Tentunya, tidak hanya mengejar pekerjaan fisik saja, tapi juga memperhatikan kualitas bangunan yang dibangun. “Kami akan memastikan infrastrukturnya layak huni,” ujar Menteri Basuki, Senin (25/9/2023).

Adapun pembangunan infrastruktur dasar di IKN Nusantara itu antara lain, jalan, instalasi air minum, sanitasi, dan sampah. Kemudian juga kantor pemerintah, tempat peribadatan, kantor presiden, istana dan lain-lain.

Pihak Kementerian PUPR juga memprioritaskan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara, dalam rangka mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN Nusantara yang saat ini sekitar dua jam. Setelah nanti jalan tol tersambung, diperkirakan waktu tempuh hanya sekitar 30-45 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here