Beranda Olahraga "Pembawa Obor Digital" Asian Games Hangzhou Capai 100 Juta Warganet

"Pembawa Obor Digital" Asian Games Hangzhou Capai 100 Juta Warganet

Saat obor fisik Asian Games ke-19, yang juga dikenal dengan sebutan Asiad, saat ini sedang dibawa secara estafet melintasi seantero Provinsi Zhejiang

0
1,725
istimewa

CARAPANDANG - Saat obor fisik Asian Games ke-19, yang juga dikenal dengan sebutan Asiad, saat ini sedang dibawa secara estafet melintasi seantero Provinsi Zhejiang, China timur, estafet daring "pembawa obor digital" (digital torchbearer) telah diikuti oleh lebih dari 97 juta warganet hingga Rabu (13/9).

Selain membawa api fisik Asian Games pada Senin (11/9) di Kota Shaoxing, Zhejiang, Dong Sijiao (79) juga ambil bagian dalam estafet obor daring.

Dong memimpin sebuah grup musik rock yang anggotanya rata-rata berusia di atas 70 tahun. Dia dan rekan-rekan satu grupnya mengadaptasi sejumlah lagu untuk merayakan Asian Games mendatang, dengan sukarela mempromosikan estafet obor daring.

"Antusiasme dan rasa percaya diri juga dapat disampaikan melalui estafet obor daring. Saya berharap dapat menularkan semangat saya kepada kawan-kawan di seluruh dunia, ujar Dong.

Pada 27 November 2022, Panitia Penyelenggara Asian Games Hangzhou ke-19 merilis platform digital untuk ajang tersebut, menggunakan teknologi canggih seperti blockchain, mahadata, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Di platform itu, obor dapat dibawa tanpa batasan ruang dan waktu.

Estafet obor digital resmi diluncurkan setelah api Asian Games dinyalakan pada 15 Juni 2023. Di platform digital tersebut, masyarakat dapat mengoper obor dengan menggoyangkan ponsel mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here