Beranda Kabupaten Agam Pemkab Agam Selenggarakan Rapat Koordinasi Pemasangan EWS Bersama PT Tatonas

Pemkab Agam Selenggarakan Rapat Koordinasi Pemasangan EWS Bersama PT Tatonas

Pemerintah Kabupaten Agam mengadakan Rapat Koordinasi dengan PT Tatonas terkait pemasangan Early Warning System (EWS) di wilayah Agam.

0
248
Pemerintah Kabupaten Agam mengadakan Rapat Koordinasi dengan PT Tatonas terkait pemasangan Early Warning System (EWS) di wilayah Agam.

AGAM, CARAPANDANG - Pemerintah Kabupaten Agam mengadakan Rapat Koordinasi dengan PT Tatonas terkait pemasangan Early Warning System (EWS) di wilayah Agam. Rapat ini berlangsung di Mess Belakang Balok, Bukittinggi, pada Senin (8/7). 

Okta, perwakilan dari PT Tatonas, mengungkapkan bahwa akan dipasang 2 titik EWS di Air Terjun Badorai dan Air Terjun Sarasah, dengan total 11 titik EWS yang direncanakan di Kabupaten Agam.

EWS atau sistem peringatan dini adalah alat yang dirancang untuk memberikan peringatan awal kepada masyarakat mengenai potensi bahaya atau bencana, seperti erupsi Gunung Marapi. 

Sistem ini bertujuan untuk meminimalisir risiko dengan memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada warga sekitar.

Selain pemasangan EWS di dua air terjun tersebut, juga akan dipasang 6 sirine di berbagai lokasi strategis, yaitu di SMA 1 Sungai Pua, Masjid Al Mujahiddin Bukik Batabuah, SDN 08 Kubang Duo, Musholla Ath Thayyibah Cangkiang, Gudang Gabah, dan Mushola Al Ihsan. 

Pada rapat tersebut, Okta menekankan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat dan tokoh masyarakat setempat mengenai penggunaan lahan, tempat, dan bangunan yang dimaksud. 

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat lebih siap dan responsif terhadap peringatan dini bencana.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Agam, Budi Perwiranegara menyampaikan pemasangan EWS direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli dan prosesnya tidak akan mengganggu aktivitas masyakat.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait