Beranda Pemprov Sumbar Peringatan Hari Santri Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2024

Peringatan Hari Santri Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2024

Plt. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy memimpin apel dalam rangka memperingati Hari Santri Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2024.

0
113
Plt. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy memimpin apel dalam rangka memperingati Hari Santri Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2024.

SUMBAR, CARAPANDANG - Plt. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy memimpin apel dalam rangka memperingati Hari Santri Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Halaman Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiah Kelurahan Batang Kabung, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Selasa pagi, (22/10/2024).

Sebelum membacakan sambutan Menteri Agama RI, Plt. Gubernur mengajak seluruh peserta apel untuk terus berkontribusi positif dalam pembangunan nasional. Demi terwujudnya Indonesia emas 2045.

"Mari terus tingkatkan keimanan. Jangan pernah lelah untuk berkontribusi untuk kemajuan Sumbar dan Indonesia," ujarnya.

Audy kemudian membacakan amanat dari Menteri Agama Republik Indonesia yang menghimbau peserta apel untuk memaknai peringatan Hari Santri 2024 sebagai momentum untuk mengenang perjuangan para santri untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

"Sejarah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap penjajah," ucap Audy membacakan pidato Menteri Agama.

Salah satu momen penting dalam sejarah tersebut adalah peristiwa “Resolusi Jihad” pada 22 Oktober 1945 yang dicetuskan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari. Fatwa tersebut menyerukan umat Islam untuk melawan penjajah dan mengobarkan semangat juang pada Pertempuran 10 November 1945, yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait