Beranda Perspektif Pilihan Tepat Surya Paloh

Pilihan Tepat Surya Paloh

PKB memiliki basis massa yang kuat dari NU sehingga partai yang didirikan oleh Gusdur ini selalu unggul di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

0
2,218
Ilustrasi (Net)

CARAPANDANG -  Oleh: Amir Fiqi, Pemerhati Sosial dan Politik

Kunci untuk memenangkan kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) di Indonesia adalah mampu menguasai perolehan suara di tiga provinsi di pulau Jawa, yaitu Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sebab, berdasarkan daftar pemilih tetap yang telah ditetapkan oleh Komisi  Pemilihan Umum (KPU) jumlah pemilih di tiga provinsi tersebut sekitar 45 persen dari jumlah daftar pemilih tetap di seluruh Indonesia,  yakni sebanyak 204.807.222 pemilih.

Daftar pemilih tetap dari tiga provinsi tersebut yakni Jawa Barat  35.714.901 pemilih, Jawa Timur 31.402.838 pemilih, dan Jawa Tengah 28.289.413  pemilih. Jika dijumlahkan total pemilih dari tiga provinsi itu sebanyak 95.407.152 pemilih. Sehingga pernyataan Jawa adalah kunci untuk menguasai Indonesia melalui kontestasi pemilu benar adanya.

Maka itu, sangat lah rasional jika masing-masing kandidat dalam kontestasi Pilpres ini akan  fokus serta mencurahkan sebagian besar kekuatannya untuk bagaimana mampu menguasai perolehan di tiga provinsi tersebut. Tentunya tidak juga mengeyampingkan perolehan suara di provinsi-provinsi yang lain, ini juga harus diperhatikan untuk memperkuat kemenangan.

Cak Imin pilihan tetap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here