Beranda Umum Popularitas Buah Kelapa di Pasar China Semakin Meluas

Popularitas Buah Kelapa di Pasar China Semakin Meluas

Hanya beberapa hari sejak China mengizinkan impor kelapa segar dari Kamboja

0
998
istimewa

CARAPANDANG - Hanya beberapa hari sejak China mengizinkan impor kelapa segar dari Kamboja, pedagang buah bernama Chen Peizhu telah menerima beberapa pesanan dari pembeli China.

"Kelapa Kamboja memiliki kualitas tinggi dan harga kompetitif. Stok varietas kelapa harumnya sangat terbatas di China," kata Chen, Manajer Umum Yuhua Hongda, sebuah perusahaan perdagangan buah yang berbasis di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan.

Chen berencana memulai dengan mengimpor lima kontainer kelapa setiap bulan, yang sebagian besar akan didistribusikan ke restoran hotpot ayam kelapa yang sedang populer atau dibuat menjadi air kelapa kemasan, minuman sehat yang digandrungi konsumen muda China.

"Ada kesenjangan besar dalam suplai kelapa, air kelapa, dan produk terkait lainnya di China. Kami memperkirakan permintaan yang tinggi untuk kelapa impor," ujarnya.

Konsumen China sudah tidak asing dengan buah kelapa. Santan yang diproduksi oleh Coconut Palm Group telah lama menjadi minuman rumah tangga, yang kerap disajikan dalam perjamuan makan keluarga bersama Coca-Cola dan Pepsi, meski popularitasnya sempat memudar ketika minuman seperti teh susu mutiara (bubble tea) menjadi tren dan mencuri perhatian.

Namun, buah ini kembali meraih popularitas dalam beberapa tahun terakhir, memasuki pasar minuman olahraga dan digunakan secara luas dalam produk teh dan kopi, termasuk minuman latte rasa kelapa Luckin Coffee yang banyak dicari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here