Beranda Umum Prajurit Hingga Pesawat Tempur Disiapkan Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil

Prajurit Hingga Pesawat Tempur Disiapkan Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil

TNI AU menggelar apel kesiapan personel maupun alutsista di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (17/10/2024).

0
194
TNI AU menggelar apel kesiapan personel maupun alutsista di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (17/10/2024).

CARAPANDANG - TNI AU menggelar apel kesiapan personel maupun alutsista di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (17/10/2024). Apel ini bertujuan memeriksa kesiapsiagaan jajaran TNI AU dalam rangka pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10/2024).

Apel dipimpin langsung Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI Tedi Rizalihadi. Sejumlah pesawat tempur, pesawat angkut, pesawat intai, helikopter, dan personel pasukan khusus TNI AU diikutkan dalam apel tersebut.

"Besok (Jumat) itu akan dilaksanakan apel gelar kesiapan pasukan gabungan di Monas. Nah sebelum kegiatan apel bersama di Monas itu, TNI AU ingin mengecek dulu seluruh kesiapan personil dan alutsistanya," ujar Marsdya TNI Tedi Rizalihadi. 

TNI AU juga menyiagakan 8 pesawat angkut mulai dari Boeing, CN 295, sampai Super Hercules. Kemudian ada 1 flight pesawat tempur berkekuatan 4 F-16, serta helikopter Carcal dan Super puma.

"Kita siapkan heli Super Puma untuk medical evacuation, apabila ada kontijensi yang mengharuskan segera dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Tadi di rekan-rekan wartawan sudah melihat, heli ini lengkap dengan mini-ICU-nya " ujar Tedi.

Selain itu ada juga heli Caracal untuk penindak ancaman dengan level low speed. Heli ini dilengkapi senapan mesin M134 Gatling, yang mampu menembakkan seribu peluru per menitnya.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here