Beranda Umum Presiden Jokowi: Vaksin Polio Penting bagi Anak

Presiden Jokowi: Vaksin Polio Penting bagi Anak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pemberian vaksin polio di Posyandu Rajawali 3, Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024), ia menekankan pentingnya vaksin polio bagi anak-anak.

0
157
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pemberian vaksin polio di Posyandu Rajawali 3, Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024), ia menekankan pentingnya vaksin polio bagi anak-anak.

CARAPANDANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pemberian vaksin polio di Posyandu Rajawali 3, Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024), ia menekankan pentingnya vaksin polio bagi anak-anak.

"Ya kita harus mawas diri bahwa saat ini di seluruh dunia outbreak polio itu terjadi lagi. TBC juga naik," kata Presiden.

"Sehingga kita ingin mendahului untuk daerah-daerah yang vaksin polionya masih rendah. Kemenkes, Dinkes dikerahkan semuanya agar semuanya sudah mendapatkan vaksin polio, anak-anak kita sehingga tidak terjadi lumpuh layu," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih menerima laporan Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat virus Polio di sejumlah wilayah. Sebanyak 32 Provinsi dan 399 kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam kategori risiko tinggi polio.

Sejak 2022 hingga 2024, telah dilaporkan sebanyak total 12 kasus kelumpuhan. Dimana 11 kasus yang disebabkan oleh virus polio tipe 2 dan satu kasus diakibatkan oleh virus polio tipe 1.

Kasus-kasus ini tersebar di 8 provinsi di Indonesia. Yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Banten.

Dengan adanya laporan yang tinggi, Kemenkes kembali menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua. PIN Polio ini akan dilaksanakan pada minggu ketiga Juli 2024.

PIN tahap pertama sudah dilaksanakan pada 27 Mei 2024. Sementara PIN tahap kedua akan dilaksanakan pada 23 Juli 2024.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here