Beranda Politik Presiden Prabowo: Kita Mendukung Kemerdekaan Rakyat Palestina

Presiden Prabowo: Kita Mendukung Kemerdekaan Rakyat Palestina

Dalam pidato perdana sebagai Presiden di Sidang Paripurna MPR, Prabowo menyatakan Indonesia ingin menjadi sahabat bagi semua negara, tetapi juga tegas memiliki prinsip antipenjajahan.

0
187
Foto: Antara

CARAPANDANG.COM - Presiden Prabowo Subianto menyatakan mendukung kemerdekaan rakyat Palestina yang selama ini tertindas oleh agresi Israel.

Dalam pidato perdana sebagai Presiden di Sidang Paripurna MPR, Prabowo menyatakan Indonesia ingin menjadi sahabat bagi semua negara, tetapi juga tegas memiliki prinsip antipenjajahan.

"Kita antipenindasan karena kita pernah ditindas. Kita antirasialisme, kita antiapatheid," ujarnya, Minggu (20/10/2024).

Dengan pengalaman yang pernah dialami tersebut, lanjut Prabowo, Indonesia memiliki rasa solidaritas dengan membela rakyat-rakyat yang tertindas di dunia.

"Karena itu kita mendukung kemerdekaan rakyat Palestina," tegasnya.

Pernyataan itu pun disambut tepuk tangan meriah para tamu yang hadir.

Sebelumnya, dalam sidang yang sama, Ketua MPR Ahmad Muzani juga mengangkat isu perjuangan Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan secara penuh.

"Dalam situasi global yang semakin kompleks, salah satu isu yang ditangani tepat adalah perjuangan rakyat Palestina untuk mendapat kemederdekaan dan HAM mereka," katanya.

Usai mengatakan hal tersebut, para peserta sidang yang mencakup sejumlah anggota DPR/MPR RI, ketua partai politik, sejumlah tamu negara, serta para presiden dan wakil presiden Indonesia terdahulu memberikan tepuk tangan sambil berdiri (standing applause). Teriakan "Free Palestine!" pun menggema.

Menurut Ahmad Muzani, isu Palestina bukanlah sekadar masalah regional, tetapi juga persoalan kemanusiaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here