Beranda Politik Rabu Siang, PBNU Jadwalkan Pemanggilan Muhaimin Iskandar

Rabu Siang, PBNU Jadwalkan Pemanggilan Muhaimin Iskandar

Pansus PKB bentukan PBNU menjadwalkan pemanggilan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar pada Rabu (21/8/2024) siang.

0
412
Pemanggilan dilakukan berkaitan dengan kepemimpinan PKB yang dinilai telah melenceng dari fatsun awal partai ini didirikan.

CARAPANDANG - Panitia Khusus (Pansus) PKB bentukan PBNU menjadwalkan pemanggilan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar pada Rabu (21/8/2024) siang. Pemanggilan dilakukan berkaitan dengan kepemimpinan PKB yang dinilai telah melenceng dari fatsun awal partai ini didirikan.

Dari undangan yang diterima media, Muhaimin diminta datang ke ruang rapat Lantai 5 Gedung PBNU, Jl. Kramat Raya No. 164 Jakarta pukul 12.30 WIB. Di PBNU, Muhaimin diminta menghadap Tim Pansus yang dipimpin Wakil Rais Aam KH Anwar Iskandar dan Wakil Ketua Umum KH Amin Said Husni.

“Hari ini kita layangkan undangan ke Ketua Umum PKB. Kita lihat apakah dia datang atau tidak,” kata Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, kepada wartawan usai menghadiri silaturahmi puluhan kiai sepuh di kantor PCNU Surabaya, Senin (19/8/2024).

Selain Ketua Umum PKB, Pansus bentukan PBNU ini telah memanggil Sekjen PKB Hasanuddin Wahid dan mantan Sekjen PKB Lukman Edy. Kemudian, pelaku sejarah berdirinya PKB, Effendy Choirie, dan Ketua Umum Muslimat NU yang juga pelaku sejarah berdirinya PKB, Khofifah Indar Parawansa.

Kepada Tim Pansus PBNU, mayoritas tokoh yang diundang menjelaskan bahwa saat ini PKB memang sudah melenceng dari nilai dasar saat awal partai ini didirikan. Hal ini sesuai dengan temuan Tim Pansus. 

Penyimpangan itu di antaranya pengebirian posisi Dewan Syuro di era Muhaimin memimpin PKB. Padahal, saat awal didirikan, Dewan Syuro yang merupakan representasi kiai sepuh, memiliki kewenangan penuh. 

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here