Beranda Perspektif Sekolah Penggerak dan Upaya Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Sekolah Penggerak dan Upaya Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Program Sekolah Penggerak bertujuan untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik .

0
2,473
Ilustrasi (Net)

CARAPANDANG - Oleh: Detia Yahya, Pemerhati Pendidikan tinggal di Kabupaten Tangerang, Banten

Pendidikan menjadi kunci dalam pembangunan nasional. Maka, sudah seharusnya memajukan  kualitas pendidikan di Indonesia harus terus diikhtiarkan tanpa henti oleh semua pihak, khususnya oleh  pemerintah.  Dan ikhtiar ini pun serius dilakukan oleh pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudyaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Di bawah kepemimpinan Nadiem Anwar Makarim, Kemendikbudristek melakukan langkah-langkah besar  untuk membawa pendidikan Indonesia menuju ke arah yang lebih baik.  Langkah besar yang dilakukan salah satunya melalui Kebijakan Merdeka Belajar.

Kebijakan Merdeka Belajar merupakan upaya untuk mentransformasi pendidikan Indonesia  demi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) unggul  yang bekarakter Profile Pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here