Beranda Kabupaten Pohuwato Seorang Warga Keluhkan Pelayanan di Sejumlah Puskesmas Pohuwato

Seorang Warga Keluhkan Pelayanan di Sejumlah Puskesmas Pohuwato

Dia mengaku sudah tiga kali mendapatkan laporan masyarakat terkait obat yang harus dibeli di tempat lain dengan alasan stok obat habis.

0
326
Dia mengaku sudah tiga kali mendapatkan laporan masyarakat terkait obat yang harus dibeli di tempat lain dengan alasan stok obat habis.

Laporan: Hamid Toliu

POHUWATO, CARAPANDANG - Seorang warga inisial AH mengeluhkan pelayanan di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Pohuwato. Dia mengaku sudah tiga kali mendapatkan laporan masyarakat terkait obat yang harus dibeli di tempat lain dengan alasan stok obat habis.

"Saya sudah tiga kali mendapat laporan terkait dengan ketersediaan obat di sejumlah puskesmas yang menurut mereka harus beli obat sendiri diluar", kata AH, kepada media, Senin (22/07/2024).

AH mencurigai ada permainan antara petugas puskesmas dan pemilih apotek yang berada di luar puskesmas. Pasalnya, setiap kali obat habis, mereka diarahkan membeli obat di luar

Ia pun meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) rutin memantau ketersediaan obat di puskesmas. AH mengatakan obat yang menjadi tanggungan seharusnya dipantau ketersediaannya. Obat-obat tersebut harus selalu ada, agar masyarakat tidak membeli di luar.

Menurutnya, kekosongan yang berulang ini perlu dievaluasi dan dilakukan pencegahan. “Masa bisa di puskesmas berulang-ulang ada kekosongan obat", tekannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Pelayanan Yusran Mohamad membantah bahwa obat di sejumlah puskesmas sering dalam kondisi kosong.

"Kalau kekosongan itu tidak kosong, cuman sistem belanjanya di uang yang sekarang hanya begitu, puskesmas sekarang obatnya ada, mereka ada stok obat, kalau kurang iya pasti", katanya.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait