Beranda Umum Siap Untuk Mudik Lebaran, Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April 2023

Siap Untuk Mudik Lebaran, Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April 2023

Pemerintah memastikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bakal beroperasi secara fungsional pada 15 April 2023 atau saat periode mudik Lebaran tahun ini.

0
2,329
Pemerintah memastikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bakal beroperasi secara fungsional pada 15 April 2023 atau saat periode mudik Lebaran tahun ini.

CARAPANDANG - Pemerintah memastikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bakal beroperasi secara fungsional pada 15 April 2023 atau saat periode mudik Lebaran tahun ini.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan, Jalan Tol Cisumdawu akan dapat mulai dioperasikan paling cepat pada 15 April 2023.

Dia memastikan jalan tol tersebut dapat digunakan untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini.

"Kebijakan tentang fungsional ataupun efektif berada di kewenangan Kementerian PUPR, tapi fungsional hampir bisa dipastikan," kata Menhub dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Jumat (24/3/2023).

Jadwal tersebut meleset dari target yang ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang sebelumnya mematok jalan tol tersebut untuk dapat dioperasikan pada Februari.

Adapun, fokus penyelesaian Jalan Tol Cisumdawu adalah pada Seksi 4 Cimalaka-Legok dan Seksi 5A dan 5B Legok-Ujung Jaya. Untuk Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan telah beroperasi sejak Januari 2022, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka juga telah beroperasi sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Nataru 2022/2023.

Untuk itu, Basuki mendorong badan usaha jalan tol PT Citra Karya Jabar Tol untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here