Beranda Internasional Waduh! 2 Gempa Dahsyat Guncang Jepang, Potensi Tsunami

Waduh! 2 Gempa Dahsyat Guncang Jepang, Potensi Tsunami

Foto: Gempa bumi besar magnitudo 7,5 melanda dekat Taiwan sesaat sebelum pukul 09.00 waktu setempat Jepang pada Rabu (3/4/2024), memicu peringatan tsunami di pulau-pulau selatan Jepang, Taiwan, dan Filipina. (Sosial Media X @Huberton)

0
564
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Gempa bumi dengan magnitudo 6,9 yang diikuti oleh gempa berkekuatan 7,1 skala Richter melanda Jepang selatan Kamis (8/8/2024). Badan meteorologi setempat memperingatkan adanya tsunami yang melanda wilayah pesisir.

"Tsunami setinggi satu meter diperkirakan akan tiba atau telah tiba di beberapa wilayah pesisir di Kepulauan Kyushu dan Shikoku," kata penyiar NHK.

"Tsunami akan melanda berulang kali. Mohon jangan memasuki laut atau mendekati pantai hingga peringatan dicabut," ujar Badan Meteorologi Jepang di X.

Meski demikian, AFP menyebut tidak ada laporan langsung mengenai kerusakan apa pun.

Sementara itu, Badan Meteorologi Amerika Serikat (AS), USGS, mengatakan bahwa gempa pertama terjadi pada pukul 4:42 sore pada kedalaman 33 kilometer, sekitar 29 kilometer tenggara Miyazaki di Kyushu.

Gempa kedua terjadi kurang dari semenit kemudian pada kedalaman 26 meter dan berada 20 kilometer di timur laut Miyazaki.

"Pemerintah Jepang membentuk satuan tugas khusus sebagai respons terhadap gempa tersebut," kata sumber.

Berada di atas empat lempeng tektonik utama di sepanjang tepi barat "Cincin Api" Pasifik, Jepang merupakan salah satu negara dengan aktivitas tektonik paling aktif di dunia. Kepulauan yang dihuni sekitar 125 juta orang ini mengalami sekitar 1.500 guncangan setiap tahun dan menyumbang sekitar 18 persen dari gempa bumi di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here