Beranda Politik Wapres Ma'ruf Pamit di KTT Laos

Wapres Ma'ruf Pamit di KTT Laos

Wapres secara khusus menyebut, KTT ASEAN kali ini merupakan terakhir kali yang dihadiri pemerintahan Presiden Joko Widodo.

0
244
Wapres secara khusus menyebut, KTT ASEAN kali ini merupakan terakhir kali yang dihadiri pemerintahan Presiden Joko Widodo.

CARAPANDANG - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin delegasi RI pada KTT ASEAN ke-44 dan 45, di Vientiane, Laos. Wapres secara khusus menyebut, KTT ASEAN kali ini merupakan terakhir kali yang dihadiri pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"KTT kali ini merupakan KTT terakhir yang dihadiri oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pemerintah baru akan menjalankan administrasi pada 20 Oktober nanti," kata Wapres dalam sesi panel, Rabu (9/10/2024).

Wapres juga menyampaikan salam dari Presiden Joko widodo yang tidak dapat hadir pada KTT tersebut. Sebab, menurutnya ketidakhadirian Presiden Jokowi disebakanmenyelesaikan urusan kenegaraan sebelum berakhirnya masa pemerintahan.

Wapres turut mengucapkan terima kasih atas dukungan ASEAN terhadap pemerintahannya bersama Presiden Jokowi. Utamanya, selama Keketuaan Indonesia pada 2023 lalu.

Sementara, dalam sesi panel Wapres memaparkan sejumlah pencapaian ASEAN dalam satu dekade terakhir. Yakni, tdiadopsinya AOIP atau Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik sebagai panduan strategis kerja sama di kawasan yang semakin mengokohkan sentralitas ASEAN.

Kemudian, integrasi ekonomi melalui RCEP atau Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional. Terakhir membahas keanggotaan Timor Leste.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here