Beranda Umum Bandara di IKN Telah Rampung

Bandara di IKN Telah Rampung

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono merinci, landasan pacu (runway) bandara yang telah rampung tersebut sepanjang 2.200 meter.

0
433
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono merinci, landasan pacu (runway) bandara yang telah rampung tersebut sepanjang 2.200 meter.

CARAPANDANG - Bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah selesai dibangun. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono merinci, landasan pacu (runway) bandara yang telah rampung tersebut sepanjang 2.200 meter. 

Meski demikian, Basuki belum dapat memastikan apakah lintasan bandara layak digunakan pesawat kepresidenan untuk mendarat. Sebab, kepastian tentang itu merupakan kewenangan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Ini apakah Presiden  mendarat di Bandara IKN tergantung dengan Menhub. Karena layak fungsinya dari Kementerian Perhubungan,” katanya, saat meninjau persiapan kedatangan Presiden di VVIP Bandara, Rabu (11/9/2024).

Menhub Budi Karya Sumadi sebelumnya mengungkapkan, hingga Senin (9/9/2024), pembangunan runway telah rampung mencapai 1.975 meter. Budi yakin pembangunan runway rampung sesuai target 2.200 meter dalam waktu dekat.

Selain runway, sejumlah perkembangan pada kawasan bandara telah terlihat, berdasarkan data Senin. Di antaranya adalah terminal VVIP yang pembangunannya telah mencapai 90,16 persen. 

Pembangunan terminal VIP juga telah rampung 77,06 persen. Sementara, untuk fasilitas penunjang seperti tower ATC telah terbangun 53,71 persen.

Pembangunan gedung administrasi dan operasional sudah terbangun 61,03 persen, dan gedung PKP-PK sudah rampung 68,71 persen. Adapun jalan penunjang akses bandara sudah terbangun di atas 50 persen, jalan akses utama telah siap 98,53 persen.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here