Beranda Internasional Buntut Penikaman di Southport, Hampir 800 orang Ditangkap terkait Kerusuhan di Inggris

Buntut Penikaman di Southport, Hampir 800 orang Ditangkap terkait Kerusuhan di Inggris

Foto yang diabadikan pada 8 Februari 2024 ini menunjukkan pemandangan Menara Elizabeth, yang umumnya dikenal sebagai Big Ben, saat senja di London, Inggris. (Xinhua/Li Ying)

0
399
Xinhua

Sejauh ini, 779 orang telah ditangkap sehubungan dengan kerusuhan di Inggris, yang dipicu oleh serangan menggunakan pisau di Southport, Inggris barat laut.

   

CARAPANDANG.COM, LONDON -- Dewan Kepala Polisi Nasional Inggris pada Sabtu (10/8) mengatakan bahwa 779 orang telah ditangkap sehubungan dengan kerusuhan di Inggris, dengan 349 orang di antaranya telah dituntut.

   

Sejak insiden serangan dengan pisau pada akhir Juli lalu di Southport di Inggris barat laut, yang menewaskan tiga anak, aksi protes kelompok sayap kanan ekstrem mengguncang Inggris, mengakibatkan sejumlah polisi terluka, toko-toko dijarah, dan hotel-hotel yang menampung para pencari suaka diserbu.

   

Pihak berwenang di negara tersebut meyakini bahwa titik balik dari kerusuhan itu muncul sejak Rabu (7/8), berkat tingginya tingkat kehadiran polisi di kota-kota besar dan kecil di seluruh Inggris dan penjatuhan hukuman yang cepat terhadap para perusuh oleh pengadilan.

   

Dengan dimulainya musim baru kompetisi sepak bola dan kenaikan suhu, kepolisian Inggris bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya kembali kerusuhan pada akhir pekan ini. Namun, situasi damai justru terlihat pada Sabtu terlepas dari beberapa aksi protes sayap kanan ekstrem terisolasi skala kecil.

   

Pada hari itu, ribuan orang berkumpul dalam aksi unjuk rasa antirasisme pada "Hari Protes Nasional" di seluruh negeri, termasuk di kota-kota seperti London, Newcastle, Manchester, Birmingham, Belfast, Glasgow, dan Edinburgh.

   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here