Beranda Kesehatan Cara Menjaga Pola Makan Sehat Selama Bulan Ramadhan

Cara Menjaga Pola Makan Sehat Selama Bulan Ramadhan

Ahli gizi senior di Rumah Sakit Wockhardt Mira Road Mumbai, India Riya Desai membagikan sejumlah tips menjaga pola makan sehat selama bulan Ramadhan 2024

0
1,222

CARAPANDANG - Ahli gizi senior di Rumah Sakit Wockhardt Mira Road Mumbai, India Riya Desai membagikan sejumlah tips menjaga pola makan sehat selama bulan Ramadhan 2024, terlebih Ramadhan tahun ini akan jatuh pada musim panas yang kemungkinan dehidrasi dan risiko kesehatannya lebih tinggi.

Melansir dari Hindustan Times (5/3), berikut sejumlah tips yang dapat diterapkan untuk menjaga pola makan sehat selama Ramadhan 2024.

“Saat Ramadhan jatuh di musim panas, kehati-hatian harus dilakukan saat menjalankan puasa. Konsep utama yang perlu diingat adalah hidrasi, energi yang cukup, makanan kaya protein dengan serat tinggi, dan pola makan kaya antioksidan,” kata Riya Desai.

Pertama, mengonsumsi pola makan seimbang yang mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein untuk menjaga tingkat energi dalam tubuh. Dengan merencanakan makanan secara hati-hati dan menggabungkan beragam bahan, seseorang dapat meningkatkan kesehatan dan vitalitas mereka selama bulan Ramadhan. 

Selain itu, prioritaskan untuk memakan makanan padat nutrisi. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan fisik dan mendukung kestabilan emosi sepanjang bulan Ramadhan, sehingga membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama.

Kedua, menjaga hidrasi atau cairan dalam tubuh. Hidrasi adalah pertimbangan paling penting karena dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here