Beranda Kesehatan Cegah Risiko Efek Buruk, WHO Batasi Konsumsi Pemanis Buatan

Cegah Risiko Efek Buruk, WHO Batasi Konsumsi Pemanis Buatan

Organisasi Kesehatan Dunia ( World Health Organization/WHO ) membatasi konsumsi aspartam atau pemanis buatan pada makanan dan minuman maksimal 40 mg per kg bobot tubuh per hari guna mencegah risiko efek buruk pada kesehatan manusia.

0
2,354
Organisasi Kesehatan Dunia membatasi konsumsi aspartam atau pemanis buatan pada makanan dan minuman maksimal 40 mg per kg bobot tubuh per hari guna mencegah risiko efek buruk pada kesehatan manusia.

CARAPANDANG - Organisasi Kesehatan Dunia ( World Health Organization/WHO ) membatasi konsumsi aspartam atau pemanis buatan pada makanan dan minuman maksimal 40 mg per kg bobot tubuh per hari guna mencegah risiko efek buruk pada kesehatan manusia.

Dilansir dari keterangan tertulis WHO yang dirilis Sabtu menyatakan penilaian dampak kesehatan dari pemanis non-gula aspartam dirilis atas kajian Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) beserta Komite Pakar Gabungan tentang Bahan Aditif Pangan (JECFA) WHO dan FAO.

Mengutip “bukti terbatas” untuk karsinogenisitas atau proses pembentukan kanker pada manusia, IARC menggolongkan aspartam sebagai kemungkinan karsinogenik bagi manusia (IARC Group 2B) dan JECFA menyatakan asupan harian yang dapat diterima ialah sebesar 40 mg per kg berat badan.

Aspartam adalah pemanis buatan yang bersifat kimia dan banyak digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman sejak dekade 1980-an, termasuk minuman diet, permen, gelatin, es krim, produk susu seperti yogurt, sereal sarapan, pasta gigi, dan obat-obatan seperti obat batuk dan vitamin kunyah.

“Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian secara global. Setiap tahun, satu dari enam orang meninggal karena kanker," kata Director of the Department of Nutrition and Food Safety WHO Dr. Francesco Branca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here