Beranda Jalan-jalan Cita Rasa Colenak, Peyeum Bakar Khas Bandung

Cita Rasa Colenak, Peyeum Bakar Khas Bandung

Ia dibuat dari peuyeum sampeu (tape singkong) yang dibakar lalu dihidangkan dengan saus terbuat dari lelehan gula merah dicampur kelapa

0
1,697
istimewa

CARAPANDANG - Colenak atau “dicocol enak” adalah makanan khas tanah Parahyangan. Ia dibuat dari peuyeum sampeu (tape singkong) yang dibakar lalu dihidangkan dengan saus terbuat dari lelehan gula merah dicampur kelapa.

Seiring perjalanan waktu, terdapat banyak varian colenak yang dikembangkan oleh para pedagang. Salah satunya colenak Bogor. Di sini peuyeum yang sudah dibakar disajikan dengan taburan unti (campuran kelapa parut dan gula merah yang dimasak sampai agak kering) dan disiram saus santan.

Ada juga colenak durian khas Bandung. Sausnya terbuat dari campuran durian matang dengan lelehan gula merah. Lain lagi colenak pisang tape. Peuyeum diselipkan dalam potongan pisang kepok lalu dibakar.

Kata Chye Retty Isnendes, sekretaris Asosiasi Tradisi Lisan (periode 2010-2019), dalam makalah “Peuyeum Bandung Makanan Tradisional yang Terkenal (Folklor Bukan Lisan dari Jawa Barat)” pada Konferensi International Folklor Asia III 2013 di Yogyakarta, peuyeum yang dibuat menjadi colenak bisa lebih awet. Pasalnya, peuyeum itu dibakar lebih dulu atau ada juga yang dikukus. Hasil bakaran atau kukusan peuyeum bisa disimpan di kulkas sebagai bahan membuat colenak selanjutnya.

Karena peuyeum memiliki kadar gula yang tinggi akibat proses fermentasinya, pembakaran peuyeum tidak perlu dilakukan terlalu lama karena akan mudah gosong. Meski demikian, bagi sebagian orang, sisi yang gosong akibat terbentuknya karamel inilah yang dianggap bagian paling nikmat dari colenak.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here