Beranda Jalan-jalan Cita Rasa Minang di Kuah Soto Padang

Cita Rasa Minang di Kuah Soto Padang

Soto padang biasa dinikmati dengan bihun, perkedel kentang, irisan daging sapi yang digoreng keringSoto padang biasa dinikmati dengan bihun, perkedel kentang, irisan daging sapi yang digoreng kering

0
1,955
istimewa

CARAPANDANG - Jika membahas santapan dengan kuah hangat dan nikmat ala Indonesia, soto tentu tidak boleh ketinggalan. Sebagai daerah beriklim tropis, hampir setiap daerah di Indonesia punya yang namanya soto. Termasuk Tanah Minang yakni dengan soto padang yang menggugah selera. Soto dengan kuah kaldu sapi yang gurih bercampur dengan 16 lebih bumbu rempah yang berbeda, membuat soto padang memiliki rasa yang unik dan kaya.

Sejarawan Denys Lombard dalam Nusa Jawa: Silang Budaya 2 Jaringan Asia memaparkan jika soto yang awalnya terpengaruh budaya tionghoa lewat sajian sup daging yakni caudo. Para imigran Tionghoa yang tinggal di Pulau Jawa memperkenalkan soto dan akhirnya resep soto menyebar ke penjuru Nusantara. Dalam perkembangannya, soto juga mendapat pengaruh dari budaya India.

Soto padang biasa dinikmati dengan bihun, perkedel kentang, irisan daging sapi yang digoreng kering, membuat siapa saja akan sulit menolak. Akan lebih nikmat, jika ditambahkan dengan taburan sagu merah muda, seledri, bawang merah dan perasan jeruk nipis. Ditemani sepiring nasi hangat dan sambal lado tanak khas Padang, dijamin soto padang akan semakin sedap saat disantap. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here