Beranda Internasional Gencatan Senjata Gaza Berlangsung Kembali

Gencatan Senjata Gaza Berlangsung Kembali

Dalam update AFP, Jumat (23/8/2024), setidaknya ada dua perwakilan Israel yang datang. Yakni Kepala Badan mata-mata Israel Mossad, David Barnea, serta kepala dinas keamanan dalam negeri Israel, Shin Bet, Ronen Bar.

0
543
Xinhua

CARAPANDANG.COM - Pembicaraan gencatan senjata Gaza berlangsung kembali Kamis, di Kairo, Mesir. Negosiator Israel dilaporkan turun dalam pembicaraan tersebut.

Dalam update AFP, Jumat (23/8/2024), setidaknya ada dua perwakilan Israel yang datang. Yakni Kepala Badan mata-mata Israel Mossad, David Barnea, serta kepala dinas keamanan dalam negeri Israel, Shin Bet, Ronen Bar.

"Mereka berada di ibu kota Mesir dan berunding untuk memajukan kesepakatan (pembebasan) sandera," kata juru bicara pemerintah Israel, Omer Dostri.

Perlu diketahui, ini adalah pembicaraan terbaru setelah proposal gencatan senjata yang langsung diarahkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Juli ditolak Israel meski disetujui Hamas. Proposal sekarang, masih diinisiasi juga oleh Washington dan diumumkan sejak sepekan lalu dengan safari Menteri Luar Ngerinya Antony Blinken ke Israel, Mesir dan Qatar.

Meski demikian, belum ada tanda-tanda perdamaian dari kedua belah pihak. Menurut sumber, sebagaimana dimuat AFP, titik kritis ada pada "keengganan Israel menarik militernya secara keseluruhan dari Gaza" sebagai mana diminta Hamas.

Netanyahu diketahui menentang usulan itu. Di mana ia mengatakan bahwa pihaknya ingin mengendalikan Koridor Philadelphia, yang membatasi Gaza dengan Mesir, termasuk persimpangan Netzarim, yang terletak di titik strategis antara Gaza utara dan selatan.

"Netanyahu mengatakan Israel harus mengendalikan perbatasan wilayah Palestina dengan Mesir," kata kantornya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here