Beranda Jalan-jalan Gohu Ikan, Sashimi Ala Ternate

Gohu Ikan, Sashimi Ala Ternate

Gohu ikan berasal dari kata kohu yang berarti “mengunyah sesuatu yang mentah,” karena hidangan ini memang dibuat dari ikan segar mentah.

0
1,483
Istimewa

CARAPANDANG - Ternate adalah sebuah kota di provinsi Maluku Utara yang terletak di bawah kaki Gunung Api Gamalama di Pulau Ternate. Terkenal sebagai pulau penghasil cengkih, Kesultanan Ternate sendiri diperkirakan berdiri sekitar abad ke-13. Kota Ternate pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Ternate. Bahkan, Cornelis Matelief de Jonge, seorang Laksamana VOC membangun benteng yang disebut Fort Oranje di lokasi bekas Benteng Melayu pada 1607 di kawasan kota tersebut, atas jasanya membantu Sultan Ternate mengusir bangsa Spanyol.

Melansir dari laman resmi Provinsi Maluku Utara, Ternate juga sempat menjadi ibu kota Provinsi Maluku Utara selama 11 tahun sebelum akhirnya dipindahkan ke Kota Sofifi yang berlokasi di Pulau Halmahera, pulau terbesar di Maluku Utara. Kota Ternate yang berlokasi di pesisir timur Pulau Ternate menghadap Pulau Halmahera ini juga terkenal dengan kuliner khasnya, antara lain ketam kenari, ikan garu rica, babega, papeda, gohu ikan, dan lain-lain. Di antara berbagai kuliner khas tersebut, gohu ikan sering disebut-sebut sebagai sashimi Ternate seperti sashimi Jepang. Gohu ikan berasal dari kata kohu yang berarti “mengunyah sesuatu yang mentah,” karena hidangan ini memang dibuat dari ikan segar mentah.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here