Beranda Kolom Guru Sejahtera Pendidikan Indonesia Maju

Guru Sejahtera Pendidikan Indonesia Maju

Guru memiliki peran sangat penting dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa.

0
947
Istimewa

CARAPANDANG-  Detia Yahya, Pemerhati Pendidikan


Guru memiliki peran sangat penting dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa. Tanpa peran guru tidak mungkin proses pendidikan akan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.


Maka itu, untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dibutuhkan guru-guru yang memiliki kompetensi, sehingga upaya dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul juga bisa tercapai. Tidak hanya itu, guru sebagai profesi yang mulia harus diperhatikan kesejahteraannya sehingga mereka dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik akan lebih fokus, karena tidak dipusingkan lagi dengan urusan ekonomi keluarga.


Peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru menjadi perhatian penting oleh Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim. Beberapa kebijakan telah dijalankan dalam rangka memberikan perhatian yang besar bagi guru-guru Indonesia. Kebijakan yang sudah dilakukan antara lain Program Guru Penggerak, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi pendidik dan tenaga kependidikan, pengangkatan guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), program Microcredential kerjasama dengan Harvard University, Beasiswa khusus untuk guru dan tunjangan guru non ASN.


Kesejahteraan Guru diperhatikan


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here