Beranda Ekonomi Jokowi Wanti-wanti Pemda Tak Terlena Produk Impor

Jokowi Wanti-wanti Pemda Tak Terlena Produk Impor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong kepala daerah memaksimalkan serapan anggaran serta penggunaan produk-produk dalam negeri.

0
80
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong kepala daerah memaksimalkan serapan anggaran serta penggunaan produk-produk dalam negeri.

CARAPANDANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong kepala daerah memaksimalkan serapan anggaran serta penggunaan produk-produk dalam negeri.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengaku gemas karena mayoritas belanja daerah untuk di tingkat Kabupaten/Kota digunakan untuk membeli barang impor.

Hal ini dia sampaikan saat membuka peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2024 di Ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/7/2024).

“Saya cek masih di angka 41% penggunaan produk dalam negerinya masih 41% untuk kabupaten dan kota. Masih kecil. Artinya selain itu berarti produk-produk impor,” ucapnya dalam forum tersebut.

Kepala Negara mewanti-wanti agar pemerintah daerah (pemda) tak terlena untuk terus mengandalkan penggunaan produk impor. Padahal barang-barang produksi dalam negeri tak kalah bersaing.

Apalagi, kata Jokowi, tak mudah bagi pemerintah untuk mengumpulkan uang dari penerimaan Negara. Meskipun saat ini terdapat beragam instrumen yang telah digunakan mulai dari pajak, PNBP, royalti, hingga dividen. 

Oleh sebab itu, Presiden asal Surakarta itu menegaskan agar kepala daerah dapat menggunakan 100% serapan anggaran untuk pengadaan barang dan jasa bagi produk-produk dalam negeri.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here