Beranda Umum Kementan Berupaya Tingkatkan Produktivitas Pertanian Dengan Pompanisasi

Kementan Berupaya Tingkatkan Produktivitas Pertanian Dengan Pompanisasi

Kementan menegaskan komitmennya dalam mengatasi dampak fenomena El Nino dengan memasifkan program pompanisasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian

0
882
istimewa

CARAPANDANG - Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan komitmennya dalam mengatasi dampak fenomena El Nino dengan memasifkan program pompanisasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian demi ketahanan pangan Indonesia.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam keterangan di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa program tersebut terus dilakukan secara masif, terutama di pulau Jawa, dengan mengairi lahan persawahan yang terdampak.

"Karena El Nino masih ada, maka kita terus melakukan pompanisasi dan juga asuransi. Pompanisasi dilakukan di pulau Jawa dan berhasil memompa air sungai yang ada seperti di Sungai Bengawan Solo, Cimanuk dan seterusnya," kata Amran.

Menurut Amran pertanaman tahun ini melalui program pompanisasi terhadap lahan-lahan persawahan yang terdampak El Nino terus dilakukan secara masif. Program pompanisasi membantu mengairi lahan persawahan di banyak lahan pertanaman di Jawa.

Selanjutnya, kata Mentan, air yang ditarik mesin pompa langsung dialirkan melalui sistem terbuka dari satu sawah ke sawah lainnya. Dengan begitu, petani dapat meningkatkan indeks pertanaman (IP) dari satu kali panen menjadi dua kali panen.

"Kita pompa ke sawah-sawah tadah hujan, kemudian kita optimalisasi rawa yang IP-nya itu hanya satu kali kita jadikan dua kali," ujar Amran.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here