Beranda Politik Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Beroperasi

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Beroperasi

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, meresmikan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Halim

0
1,555
istimewa

CARAPANDANG - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, meresmikan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta, pada Senin (2/10) pagi.

Kementerian Perhubungan RI pada Jumat (29/9) mengeluarkan izin operasi untuk PT Kereta Cepat Indonesia-China, sebuah konsorsium perusahaan patungan antara badan usaha milik negara (BUMN) China dan Indonesia yang membangun dan mengelola KCJB.

Dalam upacara peresmian tersebut, Jokowi mengumumkan nama KCJB, yaitu "Whoosh", yang terinspirasi dari suara kereta tersebut, dan mengatakan bahwa kereta cepat itu menandai modernisasi moda transportasi di Indonesia yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan sarana transportasi umum lainnya.

"Saya menyatakan bahwa 'Whoosh' siap dioperasikan," ujar Jokowi. 

Sejumlah rangkaian kereta electrical multiple unit (EMU) untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berhenti di Stasiun Halim di Jakarta pada 2 Oktober 2023. (Xinhua/Xu Qin)

Sebuah rangkaian kereta electrical multiple unit (EMU) untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berhenti di Stasiun Halim di Jakarta pada 2 Oktober 2023. (Xinhua/Xu Qin)

 

Sejumlah rangkaian kereta electrical multiple unit (EMU) untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terlihat di Stasiun Halim di Jakarta pada 2 Oktober 2023. (Xinhua/Xu Qin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here