Beranda Internasional Laut China Selatan Bukan Masalah Utama China dengan ASEAN

Laut China Selatan Bukan Masalah Utama China dengan ASEAN

Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Hou Yanqi menyebut Laut Cina Selatan (LCS) bukan merupakan sebuah masalah antara Tiongkok dan ASEAN.

0
185
Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Hou Yanqi menyebut Laut Cina Selatan (LCS) bukan merupakan sebuah masalah antara Tiongkok dan ASEAN.

CARAPANDANG - Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Hou Yanqi menyebut Laut Cina Selatan (LCS) bukan merupakan sebuah masalah antara Tiongkok dan ASEAN. Melainkan, menurutnya LCS merupakan masalah antara Tiongkok dengan sebagian negara anggota ASEAN. 

“Saya ingin mengelaborasi bahwa LCS bukan merupakan sebuah masalah antara Tiongkok dan ASEAN. Ini merupakan masalah antara Tiongkok dan sebagian negara anggota ASEAN yang mengklaim,” kata Yanqi pada Kamis (24/10/2024) di Jakarta.​

Meski demikian, seluruh anggota ASEAN dan Tiongkok dinilai telah bekerja keras untuk mengakselerasi negosiasi terkait Code of Conduct atau Kode Etik (CoC) LCS. Tiongkok memastikan berkomitmen bekerja sama dengan seluruh pihak terkait CoC. 

“Kemudian tahun depan adalah keketuaan Malaysia dan upaya mereka untuk bekerja sama dengan semua pihak untuk mendorong negosiasi semacam ini. Jadi, Tiongkok siap bekerja sama dengan semua pihak dengan tulus mengerjakan sebuah kesimpulan tentang CoC yang dapat bermanfaat bagi semua orang,” ujarnya. 

Yanqi optimis CoC akan dicapai bersama-sama, jika seluruh pihak saling mengerti. Termasuk, dengan adanya kemauan yang kuat untuk mengambil jalan aman dalam negosiasi yang tengah berlangsung. 

“Saya percaya bahwa ada kemauan yang kuat dan adanya saling pengertian serta akomodasi bersama. Sehingga, masing-masing pihak dapat mengambil jalan yang aman untuk mencapai kesimpulan,” ucap Yanqi.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here