Beranda Kesehatan Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan

ikan bandeng ternyata memiliki kandungan nutrisi penting dan banyak manfaat kesehatan.

0
2,231
istimewa

CARAPANDANG - Ikan bandeng yang kerap disebut bangus atau milkfish adalah jenis ikan laut yang populer di banyak negara di Asia Tenggara. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang ramping dengan sisik yang cukup besar dan lembut. Ikan bandeng dikenal memiliki daging yang lezat dan berlemak, sehingga menjadi salah satu lauk favorit di Indonesia. 

Namun, bukan cuma rasanya yang nikmat, ikan bandeng ternyata memiliki kandungan nutrisi penting dan banyak manfaat kesehatan.

Dari semua nutrisi tersebut, ikan bandeng dilansir halodoc.com mampu memberikan manfaat kesehatan berikut:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jurnal ilmiah berjudul The Effectiveness of Milkfish (Chanos Chanos) Scales Chitosan on Soft and Hard Tissue Regeneration Intooth Extraction Socket: A Literature Review, menemukan bahwa kitosan pada ikan bandeng dapat bekerja sebagai antiinflamasi.

Selain itu, kitosan juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, bersifat antibakteri, dan meningkatkan angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru). 

Sedikit banyak, aktivasi ini bisa menjaga daya tahan tubuh, dan membuat tubuh lebih tahan terhadap infeksi. 

2. Membantu Menjaga Keseimbangan Kadar Kolesterol

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan bandeng dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol yang sehat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here