Beranda Kesehatan Manfaat Semburkan Air Minum Bagi Atlit Olahraga

Manfaat Semburkan Air Minum Bagi Atlit Olahraga

pembilasan karbohidrat dapat memberikan manfaat kinerja yang kecil - sekitar dua hingga tiga persen peningkatan kinerja - kata

0
2,312
istimewa

CARAPANDANG - Ada banyak pertanyaan di sepakbola yang terkadang bikin kita penasaran. Salah satunya adalah alasan para pemain menyemburkan air yang mereka minum.

Dengan intensitas pertandingan yang tinggi, bukannya menambahkan cairan ke dalam tubuh akan membuat mereka jadi lebih segar? Lantas, apa yang dicari para pemain ini ketika menyemprotkan kembali air tersebut ke udara?

Mengutip dari The New York Times, praktik tersebut biasa disebut sebagai “carb rinsing” atau pembilasan karbohidrat.

Para ilmuwan mengamati bahwa para pemain melakukan kumur-kumur selama lima hingga sepuluh detik sebelum membuangnya kembali. Meski tindakan semcam itu mungkin terlihat menjijikkan, beberapa studi menilai carb rinsing bisa menambah performa dan kewaspadaan atlet selama menjalani kegiatan intens.

Pada 2014, sebuah studi yang dikutip dari Live Science mendapati hasil bahwa aktivitas ini lebih efektif dalam meningkatkan kinerja olahraga yang berlangsung kurang lebih satu jam. Itu bahkan disebut lebih manjur ketimbang penggunaan obat-obatan.

Studi tinjauan menunjukkan bahwa pembilasan karbohidrat dapat memberikan manfaat kinerja yang kecil - sekitar dua hingga tiga persen peningkatan kinerja - kata Dr. Sourav Poddar, dokter di bidang kedokteran olahraga di UCHealth, Denver. “Ini hampir sama dengan dorongan yang didapat orang saat benar-benar menelan larutan karbohidrat selama menjalani latihan intens," kata Poddar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here