Beranda Internasional Mantan Presiden Korsel Jadi Tersangka Dalam Kasus Suap

Mantan Presiden Korsel Jadi Tersangka Dalam Kasus Suap

Tuduhan tersebut berkisar pada dugaan bahwa mantan menantunya, Seo, mendapatkan pekerjaan di maskapai penerbangan Thai Eastar Jet sebagai balasan atas penunjukan Lee Sang-jik.

0
338
Tuduhan tersebut berkisar pada dugaan bahwa mantan menantunya, Seo, mendapatkan pekerjaan di maskapai penerbangan Thai Eastar Jet sebagai balasan atas penunjukan Lee Sang-jik.

CARAPANDANG - Jaksa di Korea Selatan telah menetapkan mantan Presiden Moon Jae-in sebagai tersangka dalam sebuah kasus suap. Tuduhan tersebut berkisar pada dugaan bahwa mantan menantunya, Seo, mendapatkan pekerjaan di maskapai penerbangan Thai Eastar Jet sebagai balasan atas penunjukan Lee Sang-jik.

Lee Sang-jik adalah pendiri Thai Eastar Jet dan Seo pernah menjabat sebagai kepala Badan Usaha Kecil dan Menengah Korea (Kosme). Penggeledahan telah dilakukan di rumah putri Moon, Moon Da-hye, pada Kamis (30/8/2024), sebagai bagian dari penyelidikan, menurut The Straits Times.

Kasus ini berawal dari keluhan yang diajukan empat tahun lalu tentang perekrutan Seo, yang sekarang telah bercerai dari Moon Da-hye. Seo diduga menerima gaji dan biaya relokasi dari maskapai sebagai bentuk suap untuk Moon.

Jaksa memperkirakan jumlah suap yang diterima adalah sekitar 223 juta won (sekitar Rp2,5 miliar). Penyelidikan juga melibatkan peran mantan pejabat kepresidenan dalam penunjukan Lee sebagai kepala Kosme pada tahun 2018.

Beberapa pejabat, termasuk Im Jong-seok, mantan kepala staf Moon, telah diperiksa. Seo sendiri telah diperiksa tiga kali tahun ini tetapi memilih untuk tetap diam.

Cho Hyun-ock, mantan sekretaris senior kepresidenan, juga telah ditahan dengan tuduhan penyalahgunaan kekuasaan terkait kasus ini.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here