Beranda Internasional Militer Israel Banjiri Terowongan Bawah Tanah Gaza dengan Air Laut

Militer Israel Banjiri Terowongan Bawah Tanah Gaza dengan Air Laut

Militer Israel pada Selasa (30/1) menyatakan pihaknya telah memompa air laut untuk membanjiri jaringan terowongan bawah tanah Hamas di Jalur Gaza.

0
1,072
istimewa

CARAPANDANG - Militer Israel pada Selasa (30/1) menyatakan pihaknya telah memompa air laut untuk membanjiri jaringan terowongan bawah tanah Hamas di Jalur Gaza.

Ini merupakan pertama kalinya Pasukan Pertahanan Israel (Israel Defense Forces/IDF) secara resmi mengakui penerapan strategi kontroversial tersebut, di mana beberapa pakar hidrologi dan lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memperingatkan bahwa tindakan itu dapat merusak kualitas mayoritas air minum di Gaza serta membahayakan pertanian.

"Selama perang, IDF telah mengimplementasikan kemampuan baru untuk menetralisir infrastruktur bawah tanah teroris di Jalur Gaza dengan mengalirkan volume air yang besar ke dalam terowongan," kata IDF dalam sebuah pernyataan.

Foto yang dirilis oleh Pasukan Pertahanan Israel (Israel Defense Forces/IDF) pada 17 Desember 2023 ini menunjukkan tentara Israel memeriksa sebuah sistem terowongan bawah tanah besar milik Hamas yang ditemukan di Jalur Gaza. (Xinhua)

Langkah tersebut merupakan bagian dari "serangkaian cara yang digunakan oleh IDF" untuk menetralisir jaringan terowongan bawah tanah, kata IDF.

"Kemampuan ini dikembangkan dalam kapasitas profesional, termasuk analisis karakteristik tanah dan sistem air di daerah itu guna memastikan kerusakan tidak terjadi pada air tanah di daerah tersebut. Pemompaan air hanya dilakukan pada rute dan lokasi terowongan yang tepat, sesuai dengan metode operasi yang cocok untuk setiap kondisi," kata IDF.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here