Beranda Perspektif Pendidikan Berkualitas untuk Anak Papua

Pendidikan Berkualitas untuk Anak Papua

Program ADEM dan ADIK merupakan upaya nyata yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam menghadirkan pendidikan untuk semua.

0
922
Istimewa

CARAPANDANG - Oleh Amir Fiqi, Guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Tangerang

Pendidikan memiliki peran sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Maka kesempatan menikmati pendidikan yang berkualitas harus dirasakan oleh seluruh anak bangsa.

Hal diatas merupakan yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa, sehingga salah satu dari tujuan Indonesia merdeka adalah mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tertuang pada Pembukaan UUD 1945 aline IV. Untuk itu, seluruh anak bangsa berhak menikmati pendidikan.

Amanat tersebut juga dipertegas pada UUD NRI tahun 1945 Pasal 31 Ayat 1 yang menyatakan bahwa “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Maka, pendidikan tidak hanya dinikmati oleh masyarakat tertentu, tapi pendidikan harus dinikmati oleh seluruh anak bangsa dari Sabang sampai Marauke.

Namun, tugas mencedaskan anak bangsa tidak semudah membalikan telapak tangan, perlu perjuangan tanpa henti, sebab masih banyak anak-anak bangsa yang kurang beruntung, seperti anak-anak bangsa yang berada di daerah timur Indonesia seperti Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here