Beranda Internasional Pertama Sejak 2015, Menlu India Kunjungi Pakistan

Pertama Sejak 2015, Menlu India Kunjungi Pakistan

Menteri Luar Negeri (Menlu) India, S. Jaishankar, memastikan bakal menghadiri pertemuan Shanghai Cooperation Organisation (SCO) di Pakistan.

0
414
Menteri Luar Negeri (Menlu) India, S. Jaishankar, memastikan bakal menghadiri pertemuan Shanghai Cooperation Organisation (SCO) di Pakistan.

CARAPANDANG - Menteri Luar Negeri (Menlu) India, S. Jaishankar, memastikan bakal menghadiri pertemuan Shanghai Cooperation Organisation (SCO) di Pakistan. Ini merupakan kunjungan pertama seorang pejabat tinggi India ke Pakistan sejak 2015.

Setahun sebelumnya, Menlu Pakistan, Bilawal Bhutto-Zardari, menghadiri pertemuan serupa di India. Ini juga menjadi kunjungan pejabat tinggi Pakistan ke India sejak 2011.

Hubungan India dan Pakistan sudah lama memanas, bahkan sempat tiga kali terjadi perang sejak keduanya merdeka pada 1947. Dua di antara tiga konflik bersenjata tersebut disebabkan perebutan atas wilayah Kashmir.

SCO, yang dibentuk pada 2001, merupakan organisasi antarnegara yang bertujuan membahas masalah-masalah keamanan dan ekonomi di Asia Tengah. Organisasi tersebut dipelopori Tiongkok, Rusia, dan empat negara Asia Tengah ini didirikan sebagai penyeimbang pengaruh Barat. 

India dan Pakistan bergabung dengan SCO sejak 2017. Pakistan menjadi tuan rumah pertemuan puncak organisasi tersebut pada 15-16 Oktober 2024, setelah tahun lalu digelar di India.

Pejabat tinggi India yang terakhir berkunjung ke Pakistan adalah Menlu Sushma Swaraj pada 2015. Saat itu dia menghadiri sebuah konferensi internasional di Islamabad dan sempat bertemu sejumlah pejabat Pakistan.

Tidak lama kemudian, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi juga berkunjung ke Lahore. Modi juga sempat berbicara dengan PM Pakistan saat itu, Nawaz Sharif.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here