Beranda Umum Sanitary Landfill untuk Cegah Kebakaran TPA

Sanitary Landfill untuk Cegah Kebakaran TPA

pemerintah daerah untuk menumbuhkan kesadaran beralih dari pengelolaan TPA open dumping menjadi sanitary landfill untuk mengatasi kebakaran

0
1,386
Istimewa

CARAPANDANG - Kemarau panjang akibat El Nino menimbulkan kebakaran di sejumlah tempat pemprosesan akhir sampah (TPA). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 14 kejadian kebakaran tempat pembuangan sampah terjadi sepanjang Juni hingga Oktober 2023. Salah satu kasus yang menonjol adalah kebakaran di TPA Rawa Kucing, Tangerang, Banten.

Untuk itu, BNPB menyatakan langkah pemadaman kebakaran TPA paling optimal adalah menjatuhkan bom air dengan helikopter dan melakukan teknologi modifikasi cuaca. Di satu sisi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan, telah bekerja secara terpadu dan terintegrasi dengan pemerintah daerah dalam menangani peristiwa kebakaran yang terjadi di berbagai tempat pembuangan akhir.

“Tim Manggala Agni yang selama ini bertugas di kawasan hutan atau luar kawasan hutan, telah diperintahkan oleh Ibu Menteri LHK untuk terintegrasi dengan tim di BPBD, baik itu provinsi dan kabupaten, serta bekerja secara profesional,” kata Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Untuk itu, Bambang Hendroyono mengimbau pemerintah daerah untuk menumbuhkan kesadaran beralih dari pengelolaan TPA open dumping menjadi sanitary landfill untuk mengatasi kebakaran yang terjadi di tempat pembuangan akhir sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here