Beranda Umum Sebagian Besar Indonesia Diprakirakan Cerah Berawan

Sebagian Besar Indonesia Diprakirakan Cerah Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar kota-kota di Indonesia cerah berawan pada Jumat siang, bahkan ada yang cerah berawan sepanjang hari,.

0
224
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar kota-kota di Indonesia cerah berawan pada Jumat siang, bahkan ada yang cerah berawan sepanjang hari,.

CARAPANDANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar kota-kota di Indonesia cerah berawan pada Jumat siang, bahkan ada yang cerah berawan sepanjang hari,.

Adapun kota-kota yang diperkirakan cerah berawan sepanjang hari yaitu Bengkulu, Jakarta Pusat, Semarang, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Kupang, dan Palembang.

Sedangkan kota-kota yang cerah berawan pada siang adalah Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Pontianak, Tarakan, Mataram, Pekanbaru, Mamuju, Makassar.

Adapun sejumlah kota diperkirakan hujan ringan, yaitu Manado, Kendari, Manokwari, dan Ambon, sedangkan Gorontalo diperkirakan hujan sedang.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menegaskan fenomena hujan deras di musim kemarau yang terjadi belakangan ini bukanlah anomali iklim.

Menurutnya, kondisi tersebut adalah sesuatu yang normal dan wajar terjadi di Indonesia, mengingat letak geografis Indonesia yang berada diantara dua benua yaitu Australia dan Asia dan dua samudra yaitu Pasifik dan Hindia.

"Letak geografis ini menjadikan Indonesia memiliki dua musim yang berbeda, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Angin monsun barat dari Benua Asia membuat Indonesia mengalami musim hujan. Sementara secara umum, musim kemarau di Indonesia berkaitan dengan aktifnya angin monsun timur dari Australia yang bersifat kering," kata Dwikorita.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here