Beranda Internasional Sederet Prestasi Indonesia di UNESCO selama 2023

Sederet Prestasi Indonesia di UNESCO selama 2023

Memasuki akhir 2023 dan di tengah hiruk-pikuk tahun politik, Indonesia berhasil menunjukkan taring di kancah internasional

0
1,246
istimewa

CARAPANDANG - Luar biasa dan bikin bangga. Ungkapan ini layak untuk disampaikan Indonesia di sepanjang tahun 2023. Memasuki akhir 2023 dan di tengah hiruk-pikuk tahun politik, Indonesia berhasil menunjukkan taring di kancah internasional.

Dalam Sidang Umum Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) yang digelar pada 7-22 November 2023 di Paris, para diplomat Indonesia berhasil memperjuangkan lima hal membanggakan. Yakni, menjadi Anggota Dewan Eksekutif UNESCO, menjadi Anggota Dewan International for the Development of Communication (IPDC), meresmikan Indonesia Corner di Markas Besar UNESCO, penetapan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Sidang Umum UNESCO, serta penetapan hari lahir dua pahlawan nasional menjadi perayaan internasional.

UNESCO, atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, adalah  lembaga internasional yang didirikan di bawah naungan PBB pada tahun 1945. Fokus utama UNESCO adalah mempromosikan kerja sama antarnegara dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

Apa saja capaian Indonesia di UNESCO  2023 itu?

1. Anggota Dewan Eksekutif UNESCO

Untuk yang ke-8 kali, terhitung dari 15 November 2023, Indonesia didapuk sebagai anggota Dewan Eksekutif UNESCO periode 2023-2027. Indonesia sendiri  bergabung menjadi anggota UNESCO sejak tahun 1950.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here