Beranda Kesehatan Tips Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Tips Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah jenis infeksi pada saluran kemih, bisa terjadi di kandung kemih (sistitis), uretra (uretritis), atau di ginjal (infeksi ginjal). Wanita lebih berisiko mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan pria.

0
2,066
istimewa

CARAPANDANG - Infeksi saluran kemih (ISK) adalah jenis infeksi pada saluran kemih, bisa terjadi di kandung kemih (sistitis), uretra (uretritis), atau di ginjal (infeksi ginjal). Wanita lebih berisiko mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan pria.

Gejala ISK di antaranya rasa ingin selalu kencing, panas seperti terbakar saat kencing, urine yang keluar sedikit atau terasa tidak tuntas, kadang warna urine merah atau merah muda menandakan perdarahan di saluran kemih, bau urine tidak biasa, dan sakit di panggul pada wanita, terutama di tengah panggul atau di sekitar tulang pubis.

Infeksi saluran kemih disebabkan bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra dan berdiam serta berkembang di kandung kemih. Meskipun saluran kemih manusia didesain untuk terhindar dari infeksi patogen, seperti bakteri dan virus, namun kadang pertahanan tubuh masih dapat ditembus oleh bakteri.

Infeksi saluran kemih harus diobati sampai tuntas karena jika tidak dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi yang sering ditemui adalah infeksi berulang atau kerap kambuh. Wanita kerap mengalami kekambuhan infeksi saluran kemih, bisa dua kali atau lebih dalam waktu enam bulan, atau lebih dari empat kali dalam setahun.

Pasalnya, tanpa pengobatan, komplikasi yang lebih serius adalah kerusakan ginjal permanen, kelahiran prematur atau bayi lahir dengan berat badan di bawah normal, dan sepsis, yaitu infeksi yang menyebar ke darah. Pada pria, komplikasi yang bisa terjadi adalah penyempitan uretra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here