Beranda Umum AP II Tingkatkan Pelayanan dan Fasilitas Soetta

AP II Tingkatkan Pelayanan dan Fasilitas Soetta

PT Angkasa Pura II (Persero) meningkatkan pelayanan dan fasilitas di Bandara Soekarno Hatta melalui digitalisasi operasional bagi para pelaku perjalanan.

0
1,414
PT Angkasa Pura II (Persero) meningkatkan pelayanan dan fasilitas di Bandara Soekarno Hatta melalui digitalisasi operasional bagi para pelaku perjalanan.

CARAPANDANG - PT Angkasa Pura II (Persero) meningkatkan pelayanan dan fasilitas di Bandara Soekarno Hatta melalui digitalisasi operasional bagi para pelaku perjalanan.

President Director AP II Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa transformasi digital dilakukan meliputi tiga program, yakni CX (Customer Exploration), OX (Operational Exploration) dan DX (Digital Exploration).

"Untuk mengakselerasi digitalisasi di Bandara Soekarno-Hatta, AP II pada 18 Agustus 2023 meresmikan terbentuknya Tim Advanced Data Analytics & ArtificiaI Intelligence for Data Driven Decision," kata Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan, program DX memiliki sebuah tim yang bertugas mempersiapkan data, memproses dan menganalisis data, serta memvisualisasikan data dengan advanced data analytics dan artificial intelligence (AI).

Tim akan fokus pada tipe-tipe data tertentu guna melakukan 3 analisis, yakni Traffic Movement Analytics, Passenger Sentiment Analytics dan Customer Behavior Analytics.

Menurut dia, data-data ini sebelumnya hanya sebagian tersentuh, tetapi dengan adanya layanan Airport ID serta didukung advanced data analytics dan AI, maka Bandara Soekarno-Hatta dapat lebih mengeksplorasi data secara menyeluruh untuk kebutuhan pelanggan.

“AP II lebih mengenal pelaku perjalanan, begitu juga sebaliknya. Istilahnya mungkin seperti prinsip Know Your Customer (KYC),” ujar Awaluddin.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here