Beranda Kesehatan Apakah Ejakulasi Dini karena Fisik atau Pikiran?

Apakah Ejakulasi Dini karena Fisik atau Pikiran?

Banyak yang bertanya-tanya, apakah ejakulasi dini disebabkan oleh kondisi fisik atau dipengaruhi oleh faktor psikologis? Dalam artikel ini, dr. Gia Pratama akan menjelajahi kedua kemungkinan tersebut

0
492
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Ejakulasi dini merupakan masalah seksual yang sering dihadapi oleh pria dan dapat menyebabkan kecemasan, kekecewaan, serta masalah dalam sebuah hubungan.

Banyak yang bertanya-tanya, apakah ejakulasi dini disebabkan oleh kondisi fisik atau dipengaruhi oleh faktor psikologis? Dalam artikel ini, dr. Gia Pratama akan menjelajahi kedua kemungkinan tersebut

Mengenal Ejakulasi Dini

Mari kita mulai dengan memahami apa itu ejakulasi dini. Kondisi ini terjadi ketika seorang pria mencapai klimaks dan mengeluarkan sperma terlalu cepat, baik itu sebelum atau sesaat setelah penetrasi seksual, dan ia tidak dapat mengontrolnya dengan baik.

Jika ini hanya terjadi sesekali, biasanya tidak dianggap sebagai masalah serius. Namun, jika ejakulasi dini terjadi secara konsisten dan mengganggu kehidupan seksual, maka ini perlu menjadi perhatian lebih serius.

Beberapa faktor fisik dapat berkontribusi pada ejakulasi dini, antara lain:

1. Kondisi medis

Penyakit seperti diabeteshipertensi, dan gangguan pada prostat bisa mempengaruhi ejakulasi dini. Kerusakan saraf yang terkait dengan kondisi kesehatan ini dapat mengganggu fungsi seksual.

2. Hormon

Imbalance hormon, khususnya tingkat serotonin yang rendah, dapat menjadi pemicu. Serotonin adalah neurotransmitter yang memainkan peranan penting dalam pengaturan mood dan pengendalian ejakulasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here