Beranda Internasional AS Sita Pesawat Pribadi Presiden Venezuela

AS Sita Pesawat Pribadi Presiden Venezuela

Pesawat yang diduga dibeli secara ilegal seharga $13 juta (201,9 miliar rupiah) tersebut diselundupkan keluar dari Venezuela.

0
364
Pesawat yang diduga dibeli secara ilegal seharga $13 juta (201,9 miliar rupiah) tersebut diselundupkan keluar dari Venezuela.

CARAPANDANG - Amerika Serikat telah menyita sebuah pesawat milik Presiden Venezuela, Nicolás Maduro. Pesawat yang diduga dibeli secara ilegal seharga $13 juta (201,9 miliar rupiah) tersebut diselundupkan keluar dari Venezuela.

Pesawat Falcon 900EX tersebut disita di Republik Dominika dan dipindahkan ke Florida, AS. Tidak diketahui secara pasti bagaimana dan kapan pesawat itu tiba di Republik Dominika.

Data pelacakan menunjukkan, pesawat meninggalkan bandara La Isabela, dekat Santo Domingo, Senin (2/9/2024) dan tiba di Fort Lauderdale. Venezuela mengutuk penyitaan tersebut, dengan menyebutnya sebagai tindakan pembajakan.

Menteri Luar Negeri Yván Gil menuduh AS menggunakan tindakan koersif yang diterapkan secara sepihak. Pemerintah Venezuela menyatakan akan mengambil tindakan hukum untuk memperbaiki kerugian yang dialami negara.

Pejabat AS mengatakan, pesawat itu disita karena dugaan pelanggaran hukum pengendalian ekspor dan sanksi AS. Penyelidikan mengungkap bahwa orang-orang terkait dengan Maduro menggunakan perusahaan cangkang yang berbasis di Karibia.

Mereka menyembunyikan keterlibatan dalam pembelian pesawat dari perusahaan di Florida pada akhir 2022 dan awal 2023. Pesawat itu kemudian diekspor secara ilegal dari AS ke Venezuela melalui Karibia pada April 2023.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here